Sarana dan Prasarana

Berita

Image

OSIS Adakan LDK Secara Virtual

Image

Banjir Besar Landa SMAN 10 Semarang

Image

Sosialisasi LTMPT

Image

Awal Semester Genap TP 2020/2021

Image

SMA 10 BERDIKARI

Image

Pemilihan Ketua Osis

Polling

Bagaimana Layanan SMA 10 Semarang Kepada Masyarakat?

  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang Baik
  Buruk

  Hasil Polling

Kalender

April 2021

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30

Sarana dan Prasarana

SMAN 10 Semarang memiliki ruang belajar sebanyak 28 ruang dan pada saat ini sudah terbangun fasilitas sarana laboratorium bahasa, laboratorium fisika, laboratorium kimia, laboratorium biologi, laboratorium komputer laboratorium  multimedia, dan kewirausahaan lele. Masing-masing kelas dilengkapi  dengan LCD sehingga sangat menunjang proses belajar mengajar dengan harapan dapat meningkatkan prestasi secara akademik.
Pada tahun pelajaran 2020-2021 ini, SMA Negeri 10 sedang melaksanakan pembangunan 2 ruang kelas baru lagi. Pembangunan tersebut di tujukan untuk lebih mendukung protokol kesehatan di masa pandemi dan kelancaran  penerapan pelaksanaan pembelajaran .

1.   Lab Bahasa 
Koordinator : Srirani, S.Pd.
Laboran : Arif Lukman
Guru Pengampu:
Bahasa Indonesia :
a.  Karzuni, S.Pd, M.Kom.
b.  Imron, S.Pd.
c.  Sagino, S.S
d.  Kandida S.Pd
e.  Maslikah, S.Pd
Bahasa Inggris:
a.  Srirani, S.Pd.
b.  Agus Susanto, S.Pd
c.  Laksi Setyarini, S.Pd
Bahasa Jepang :
a.  Dewi Nilamsari, S.Pd.
SMA Negeri 10 Semarang memeiliki ruang Laboratorium Bahasa yang di lengkapi dengan jaringan internet. Laboratorium Bahasa di bangun dengan tujuan utamanya sebagai sarana penunjang kegiatan belajar mengajar khususnya mata pelajaran Bahasa Inggris, Bahas Indonesia, Bahasa Asing lainnya serta diharapkan mampu mengembangkannya menjadi sarana kegiatan ilmiah.
Dengan fasilitas yang di sediakan Pengajar dilintas laboratorium bahasa dapat memberikan materi pelajaran kepada setiap siswa berupa sumber suara pengajar (native speaker) dalam bentuk file suara yang telah direkam. Setiap siswa pada satu sesi pelajaran bisa mendapatkan materi yang sama ataupun berbeda-beda dari pengajar pada waktu yang bersamaan. Setiap siswa dapat mendengarkan file suara pengajar berulang-ulang dengan cara memainkan dan me-replay kembali. Inilah yang dimaksud dengan belajar dengan native speaker sesuka hatinya tanpa kehadiran native speaker secara langsung. Setiap siswa dapat merekam suaranya sendiri untuk keperluan evaluasi atau penilaian pengajar. Pengajar dapat mengevaluasi hasil belajar setiap siswanya secara verbal dari setiap file suara siswa yang telah terekam

2.      Lab Fisika
Koordinator : Suhari, S.Pd
Laboran  : Fajar Buyung Santoso
Guru Pengampu:
a. Ummi Rohmah, S.Pd
c.  Suhari, S.Pd
d.  Sindun Sudikan
Laboratorim Fisika SMA Negeri 10 Semarang telah di lengkapi dengan sarana prasarana pendukung praktikum lengkap. Siswa dapat menyalurkan bakat-bakat penelitiannya di bidang fisika yang merupakan salah satu ciri khas mata pelajaran jurusan ilmu alam. Guna melindungi keselamatan siswa dan guru selama praktikum, laboratorium ini juga di dukung dengan tata tertib dan siswa di tumbuhkan rasa tanggung jawab dan memiliki dengan cara merapikan kembali peralatan praktikum mereka setelah di pakai sehingga tercipta lingkungan laboratorium yang selalu bersih dan rapi.

3.     Lab Kimia
Koordinator : Eko, Budiyanti, S.Pd.
Laboran : Fajar Buyung Santoso
Guru Pengampu:
a.  Subuh Jaelani, S.Pd, M.Pd.
b.  Puji Ningrum, S.Pd.
c.  Eko Budiyanti, S.Pd
Praktik kimia selalu tidak lepas dengan cairan-cairan yang mengandung bisa saja mengandung bahaya apabila di pakai tanpa pengawasan. oleh karena itu, laboratorium kimia selain di dukung oleh sarana prasarana alat dan bahan yang menunjang pelaksanaan praktik kimia, juga di tanamkan kepada siswa pentingnya mematuhi tata tertib pelaksanaan kegiatan praktik dan juga di tumbuh kembangkan untuk selalu bertanggung jawab pada alat dan bahan yang mereka gunakan. sehingga pembelajaran yang dilaksanakan dalam laboratorium dapat berlangsung secara kondusif dan nyaman.

4.      Lab Biologi
Laboran : Wawan Sapto Dewo
Koordinator : R.Edy Priyanta, S.Pd
Guru Pengampu:
a.  R.Edy Priyanta, S.Pd
b.  Didit Candra, S.Pd
SMA Negeri 10 tengah menggalakkan untuk menanam banyak pohon dengan berbagai macam jenis. Hal ini mendukung siswa yang hendak melakukan praktikum biologi tentang keaneka ragaman hayati. Lab ini juga dilengkapi dengan modul, alat praktikum seperti  mikroskop, cawan, dan alat-alat peraga yang bukan hanya beli tetapi merupakan hasil kreatifitas dan penelitian para siswa sendiri.

5.    Lab Komputer
Koordinator : Nanang Fakhrurrozi, S.Kom
Guru Pengampu:
a.  Nanang Fakhrurrozi, S.Kom
b.  Asih Rahayu, S.Pd
Sarana prasarana di laboratorium komputer merupakan fasilitas terlengkap di SMA Negeri 10 Semarang. Hal ini bertujuan untuk mendukung komitmen sekolah untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam bidang informasi dan komunikasi. Laboratorium ini terdiri dari 2 ruang, masing-masing ruang terdiri dari 40 unit komputer. Internet dan wifi merupakan fasilitas yang telah di sediakan tanpa batasan akses, sehingga siswa dan guru dapat memanfaatkannya secara maksimal dalam proses belajar mengajar maupun up date informasi setiap saat.

6.     Lab Multimedia
Koordinator : R. Edy Priyanta, S.Pd
Laboran : Miftahul Jannah
Laboratium multimedia memiliki multifungsi. Selain  dapat di gunakan semua guru untuk melakukan kegiatan pembelajaran, juga pelatihan dan kegiatan-kegiatan baik intern dan ekstern di lakukan di ruang multi media. Ruang ini di legkapi dengan LCD AC dan prasarana lain yang di perlukan untuk kegiatan skala besar.

7.    Lab Penelitian dan Kewirausahaan Lele
Koordinator : Sisworo, S.Pd
Laboran : Sukamto
Guru Pengampu:
a.  Sisworo, S.Pd
Laboratorium Penelitian dan Kewirausahaan Lele merupakan sarana prasarana yang terbaru sejalan dengan pelajaran muatan lokal kewirausahaan lele yang saat ini menjadi unggulan bagi SMA Negeri 10 Semarang.
Sarana dan prasarana ini sedang di kembangkan terus menerus, mengingat keberadaannya telah di dukung oleh dinas dan instansi terkait serta telah menjadi ciri khas SMA Negeri 10 Semarang.